Perbedaan antara Koordinasi Manfaat dan Double Klaim dalam asuransi

allianz-cob

Banyak yang bertanya apa beda koordinasi manfaat (CoB) dan double klaim dan apakah di Allianz bisa double klaim?

Jawaban nya adalah di Allianz bisa melakukan klaim secara koordinasi manfaat apabila nasabah mempunyai lebih dari satu produk asuransi kesehatan. Artinya manfaat yang diterima tertanggung tidak bisa melebihi total tagihan yang telah dibayar. Misalkan total tagihan rumah sakit sebesar 10 juta. Jika sesuai platform asuransi kesehatan pertama sudah diganti sebesar 6 juta, maka asuransi kesehatan kedua hanya akan membayar kekurangan sisa tagihan sebesar 4 juta.

Selanjutnya, bila oleh asuransi pertama klaim sebesar 10 juta telah dibayar maka asuransi kedua tidak akan mengganti klaim yang terjadi. Hal ini karena total tagihan yang ada telah diganti penuh oleh asuransi pertama.

Syarat yang harus dipenuhi agar Anda bisa mendapatkan fasilitas koordinasi manfaat adalah surat keterangan yang dikeluarkan oleh asuransi penjamin pertama yang berisi total biaya yang telah dibayarkan oleh asuransi penjamin pertama, salinan hasil resume medis yang berisi diagnosis medis dari rumah sakit, serta formulir klaim Allianz.

Setiap perusahaan asuransi memiliki aturan masing-masing mengenai rentang waktu pengajuan klaim. Namun pada umumnya maksimum 30 hari dari tanggal kwitansi dari rumah sakit. Oleh sebab itu, persyaratan yang harus dilengkapi harus dapat segera disiapkan agar klaim pada asuransi penjamin kedua dapat dilakukan dan segera dicairkan.

Untuk double klaim hanya berlaku buat produk Flexicare Family berupa santunan uang tunai harian. Jadi apabila nasabah dirawat di rumah sakit dan seluruh biaya rumah sakit telah ditanggung oleh kantor tempat nasabah bekerja atau di perusahaan asuransi yang lain, maka nasabah tetap bisa melakukan klaim uang santunan apabila memiliki asuransi kesehatan Allianz Flexicare Family

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Asuransi Jiwa dan Kesehatan dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s